NON FORMAL EDUCATION INTERNATIONAL CONFERENCE, NON FORMAL EDUCATION INTERNATIONAL CONFERENCE 3Rd

Font Size: 
PENGEMBANGAN APLIKASI ”SENOSTIK” SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA ASESMEN DIAGNOSTIK DALAM RANCANGAN KURIKULUM MERDEKA
WIDIYA ARIS RADIANI

Last modified: 2022-08-18

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media kegiatan yang dapat digunakan oleh pendidik sebelum menyusun pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa. Kegiatan itu dijelaskan dalam asesmen dianostik. Asesmen diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan peserta didik. Hasilnya digunakan pendidik sebagai rujukan dalam merencanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Asesmen diagnostik berisikan data mengenai aspek non kognitif dan kognitif. Media asesmen diagostik yang dikembangkan dalam penelitian ini bernama “Senostik”. ”Senostik” dapat digunakan pada perangkat mobile berbasis android untuk menunjang pendataan siswa. Pembuatan aplikasi tersebut dikembangkan dengan framework flutter 3.0 database mysql, firebase, server cpanel (php 7.3) framework larevel 9.0 sehingga menghasilkan aplikasi android 4.4 (API level 19). Metode yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development), untuk menghasilkan produk tertentu dan mengkaji permasalahan produk tersebut. Tahap pertama dibatasi pada materi yang digunakan sebagai dasar penggalian data. Indikator yang digunakan untuk menilai kesesuaian materi dengan data isi dan tujuan, kesesuaian pembelajaran dan kualitas teknis. Uji coba data dilakukan kepada 100 orang siswa SMA 13 Banjarmasin. Hasil Uji coba menunjukkan semua aspek materi yang digunakan dalam media ”Senostik” adalah valid dan reliable. Hal ini menunjukkan bahwa media aplikasi ”Senostik” dapat dijadikan sebagai media penggalian data lengkap terhadap peserta didik.

 

Kata kunci: Asesmen Diagnostik,”Senostik”, Peserta didik